Selamat datang di website resmi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Padang I Profesional - Sinergi - Militan


BASARNAS PADANG EVAKUASI 10 KORBAN KAPAL TERBALI DI PERAIRAN PULAU PISANG GADANG, 3 masih dalam pencarian


Padang, Minggu 22/06

Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang menerjunkan tim untuk melakukan pencarian yang terdiri dari Recuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang dan ABK KN SAR Yudhistira 227 dalam upaya pencarian 13 korban kapal pemancing ikan yang tenggelam di perairan Pulau Pisang Gadang, Kota Padan sejak Minggu malam 21 Juni 2020.

Setelah melakukan upaya pencarian pada pukul 07.40 WIB tim sar gabungan berhasil menemukan 6 korban selamat atas nama ;

  1. Fikram mukalik (20th),
  2. Taufik Hidayat (26 Th),
  3. riandika Ananda (23 th),
  4. Sorono (45 th),
  5. Efendi Mursalim (34 th),
  6. dan Surawan (34 th).

Ke 6 korban di temukan 10 Km arah selatan dari titik tenggelamnya kapal, kondisi pada saat di temukan ke 6 korban terombang ambing di atas puing puing kapal. Selanjutnya ke 6 Korban langsung di evakuasi ke KN SAR Yudhistira SAR 227. 
Pada pukul 09.05 tim SAR gabungan kembali menemukan 3 korban selamat atas nama ;

  1. Alfajri (32 th),
  2. Suranto (34 th),
  3. dan Koda Riani (33 th)

Ke 3 korban di temukan mengapung dengan mengunakan kayu sebagai alat bantu apung, kemudian korban langsung di evakuasi ke KN SAR Yudhistira SAR 227.
Pada pukul 10.10 tim SAR gabungan mendapatkan kabar bahwa 1 orang atas nama Junaedi (33 th) berhasil di temukan dan di selamatkan nelayan di perairan Pulau Pisang Gadang. Korban tersebut berhasil di evakuasi ke muaro padang dan di kembalikan ke keluarga setelah melakukan pemeriksaan kesehatan.

Dengan ditemukannya 10 korban, kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang Asnedi, S.Sos, M.Si. meyampaikan optimis dapat menemukan 3 korban tersisa. Asnedi menghimbau kepada tim SAR gabungan agar dapat memaksimalkan pencarian dan selalu memperhatikam safety dalam pencarian mengingat keadaan perairan Pulau Pisang Gadang yang tidak bersahabat.

Sebelumnya Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang mendapatkan informasi mengenai adanya kecelakaan kapal di perairan Pulau Pisang Gadang Kota Padang yang menyebabkan 10 orang pemancing dan 3 kru kapal hilang di perairan tersebut.  Satu tim rescue dan seluruh ABK KN SAR Yudhistira diturunkan segera setelah informasi tersebut dikonfirmasi kebenarannya. 

Pencarian dilakukan dengan mengerahkan 3 Alut air yang terdiri dari KN SAR Yudhistira, RIB 02 dan Perahu karet. 3 alut ini di gunakan untuk menyisiri Perairan Kota Padang mulai dari titik duga tengelam kapal.

-RJ-



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : padang
22 June 12:00 WIB