Selamat datang di website resmi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Padang I Profesional - Sinergi - Militan


4 Pendaki Asal Riau Diterjang Badai Di Pucak Gunung Marapi


Limapuluh Kota (19/10) -- Sabtu malam Pos Pencarian dan Pertolongan 50 Kota menerima informasi bahwa telah terjadi kondisi yang membahayakan jiwa manusia terkait 4 orang pendaki asal Riau yang terjebak badai di puncak Gunung Marapi.

Info tersebut diterima pada pukul 21.45 wib sabtu malam dari teman survivor an. Akbar yang berhasil di hubungi oleh survivor sesaat sebelum kondisi badai di puncak Gunung Merapi semakin buruk. Merespon cepat atas laporan tersebut Kasi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang Bapak Zul Indra, S.H memberikan perintah kepada Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan 50 Kota Bapak Robi Saputra agar  segera memberangkatan personil menuju lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi dan penanganan medis terhadap para survivor.

Sesampai di lokasi kejadian, personil dibagi menjadi beberapa Tim. Tim aju dibentuk agar dapat menemukan survivor lebih cepat lalu di susul oleh tim pendukung yang di bekali dengan logistik dan peralatan medis. Pada pukul 07.28 wib tim berhasil menemukan survivor dalam kondisi selamat. Lalu mereka di evakuasi ketempat yang lebih aman dan langsung diberikan perawatan medis. Diketahui beberapa dari mereka ada yang mengalami hipotermia tapi belum masuk ke vase yang cukup parah, setelah di beri penanganan medis dan logistik Tim dan survivor bergerak turun dengan waktu tempuh +- 7 jam menurut info yang di dapat dari Koordinatar Pos Pencarian dan Pertolongan 50 Kota "Robi Saputra".
Setelah sampai dibawah dan kondisi para survivor sudah kembali baik, para survivor langsung bertolak kembali ke Pekanbaru.

Atas kejadian ini Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang Bapak Asnedi S.Sos.,M.Si mengimbau kepada seluruh penggiat di alam agar selalu dapat memperhatikan tanda - tanda alam, selain itu beliau juga menyampaikan agar sebelum melakukan kegiatan di alam terbuka perlu adanya kesiapan fisik dan mental serta pengetahuan. Dan tak lupa ucapan terimakasih beliau sampaikan kepada rekan - rekan potensi SAR yang ikut terlibat dalam operasi SAR ini.

- Avignam Jagad Samagram -



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : padang
20 October 16:00 WIB