Latihan SAR Karunia Nisevanam (berlatih demi kemanusiaan) ke 162 telah dilaksanakan Kantor SAR Padang dan dibuka langsung oleh Marsekal Pertama. SUNARBOWO.S.Msc, selaku Direktorat Operasi dan Latihan Badan SAR Nasional. Latihan SAR Karunia Nisevanam ini dihadiri oleh beberapa Kantor SAR Regional I Sumatera yaitu Kantor SAR Banda Aceh, Kantor SAR Medan, Kantor SAR Padang, Kantor SAR Pekanbaru, Kantor SAR Palembang beserta potensi SAR diantaranya Pemadam Kebakaran, Rescue Dog, Dinas Kesehatan, Kelompok Sekolah Siaga Bencana (KSBS), dan lain-lain yang diawasi oleh beberapa Tim dari Basarnas Pusat. Latihan SAR Karunia Nisevanam kali ini melatih kemampuan para rescuer dalam mengatasi bencana perkotaan bernama URBAN SAR. {read more}

Latihan Urban SAR kali ini dilakukan selama tiga hari sejak tanggal 2-5 Juni 2012 yang dilaksanakan di beberapa tempat di Kota Padang, sebagai daerah latihan berkaitan dengan hal ini. Kegiatan hari ini difokuskan pada teknik pencarian terhadap gedung runtuh yaitu CSSR (Collapse Structure Search and Rescue), yaitu para rescuer membuka akses untuk menjangkau korban pada reruntuhan, dan melakukan Shouring (Penyangga), yaitu melakukan penyanggaan terhadap bangunan yang tidak stabil, biasanya digunakan pada tangga serta melakukan kegiatan mengevakuasi korban yang terkena bencana longsor dengan menggunakan system hart (high angel rescue technic).

Kegiatan yang berlangsung 3 hari tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan kerjasama yang baik diantara sesama Tim Penyelamat dan dapat menyamakan persepsi sehingga ketika terjadi di "medan" yang sebenarnya, para rescuer dan semua unsur yang terlibat dapat bekerja sama dengan baik. Dan latihan kali ini dilakukan dengan simulasi yang membuat para peserta seperti sedang melakukan pekerjaan yang sebenarnya. Setelah itu kegiatan ditutup pada hari Senin, 5 Juni 2012 dan seluruh peserta langsung pulang ke daerahnya masing-masing.



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author