OPERASI PENCARIAN TERHADAP FV SANKARA 02 DITUTUP


KANTOR SAR PADANG --- Operasi pencarian terhadap FV Sankara 02 pada hari Kamis (13/01) pkl. 10.00 Wib, ditutup dengan pertimbangan tidak ditemukan tanda– tanda kapal dan ABK-nya. {READMORE)

Seperti diberitakan sebelumnya, pengembangan radius pencarian kapal pada Rabu (12/1) kemarin mencakup area 48 mil dan jarak sekitar 237 mil dari Kota Padang dengan metode pencarian track line.

Upaya pengiriman bantuan logistik telah dilakukan dengan perkiraan dan pertimbangan kondisi para kru Sankara-02 yang mengalami emergensi logistik. Dropping logistik dilakukan dengan tracing melalui udara dilaksanakan selama 4 jam, dimana selama 1 jam lebih Cassa U-611 terbang cukup rendah untuk memastikan posisi kapal naas. Namun, hingga selesai searching, posisi FV Sankara tidak terdeteksi, sehingga dropping logistik urung dilakukan.

Pada searching udara (Rabu) kemarin, penyisiran dengan track ine kembali dilakukan. Dua pesawat dikerahkan, Cassa NC 212 U-611 TNI AL menyapu seperempat bagian (barat daya) search area. Sementara CN 235 menyapu seperempat  bagian (tenggara)  search area.

Penyapuan dilakukan dari start point di 02 32 S – 097 33 E, dan out point 02 51 S - 097 35 E. Luas area pencarian mencapai 110 nm. Demikian dijelaskan asisten SC, Rakhmat, SKom melalui Kepala Siaga Komunikasi Kantor Pusat Basarnas.

Meskipun operasi SAR terhadap FV Sankara 02 ditutup, pemantauan tetap dilakukan melalui semua moda transportasi yang melintas di daerah pencarian. (clixs)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : author