1 orang ABK Kapal Nelayan Jatuh


Minggu dinihari (14/7) pukul 04.00 wib. telah hilang 1orang ABK Bagan KM Anak Perantau yang dketahui POBnya 11orang. ABK Bagan KM Anak Perantau yang hilang diketahui bernama RULL (55Thn/L). Posisi terakhir yang diketahui terjatuhnya ABK tersebut ± 2 mill Barat Daya Carocok Tarusan, Pesisir Selatan tepatnya sekitar Pulau Kumbang.

Kronologis terjatuhnya pada TW 07140100 G ABK Bagan KM Anak Perantau dalam kondisi istirahat, pada ssat mereka mau menurunkan waring (jaring penangkap ikan), ternyata satu (RULL) ABK  tidak diketahui keberadaannya. Lalu Tunganai (Kapten Bagan KM Anak Perantau) memerintahkan untuk tidak jadi menurunkan WARING, tetapi memutuskan untuk melakukan pencarian terhadap ABK nya yang hilang (jatuh) ke arah Pulau Nyamuk karenan pagi itu arus mengarah ke Pulau Nyamuk, tapi ABK tersebut belum dapat ditemukan. Lalu Tuanganai  melaporkan kejadian tersebut kepemilik Bagan KM Anak Perantau. Sipemilik Bagan melaporkan kepihak kePolisian dan PEMDA setempat. di bantu oleh BPDB dan POLAIR, serta masyarakat melakukan pencarian.

BPDB meminta bantuan ke Kantor SAR Padang, menanggapi laporan tersebut Kantor SAR Padang menggerakan RB 213 PADANG 01 dengan jumlah personil sebanyak 13orang. Operasi juga didukung dengan pergerakan dengan SEARIDER untuk bisa memantau lebih dekat ke arah Pulau yang diduga korban terdampar. Arah pergerakan yang dilakukan selama Operasi berlansung melakukan pencarian ke Pulau Nyamuk, ke lokasi kejadian dan terus menyisir sepanjang pantai Barat Tarusan dan Painan sampai ke Pulau Penyu dan sekitarnya.

Selama pencarian yang berjalan ± 4hari tidak ditemukan tanda tanda ABK BAGAN KM Anak Perantau tersebut, maka pada hari ke4 dilakukan Breafing SRU (KANSAR PADANG, BPBD PESSEL, POLAIR, dan Masyarakat) diambil sebuah keputusan bahwa operasi atau pencarian dihentikan. Maka pada TW 07181800 G operasi SAR dinyatakan ditutup oleh SMC Kepala Kantor SAR Padang Bapak Drs. DJONNY SITORUS.



Kategori General Berita .
Pengunggah : author